Hot

6/recent/ticker-posts

5 Cara Ampuh Basmi Cacing di Kamar Mandi, Selamat Tinggal Cacing!

 

Kamar mandi

Apakah kamar mandi Anda sering ada cacingnya? Jika iya, hal ini tentu akan membuat sebagian orang merasa tidak nyaman saat berada di kamar mandi tersebut.

Nah, bagi yang kamar mandinya sering muncul cacing, berikut ini adalah 5 cara mudah untuk membasmi cacing di kamar mandi.

1. Menyiram dengan air garam

Garam memang memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah untuk mengusir cacing yang ada di kamar mandi. Untuk melakuan cara ini, Anda perlu membuat larutan dari campuran air, garam, dan detergen.

Setelah bahan terlarut, siramkan bahan tersebut ke lantai dan sudut dinding kamar mandi. Setelah tersiram merata, sikat lantai sampai bersih, kemudian bilas dengan air bersih sampai lantai tidak licin. Anda harus melakukan langkah-langkah ini secara berkala agar cacing tidak kembali lagi.

2. Semprotkan larutan karbol

Larutkan 2 tutup botol cairan karbol ke dalam 1 liter air. Setelah itu, semprotkan larutan tersebut pada pada lantai, tembok, dan sudut-sudut kamar mandi yang sekiranya menjadi jalan masuk cacing. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air bersih.

Selain mengusir cacing, larutan ini juga berguna untuk membunuh larva dan telur cacing. Untuk hasil terbaik, Anda perlu mengulangi cara ini beberapa hari sekali.

3. Menggunakan campuran soda kue dan cuka

Siapkan botol penyemprot, kemudian masukkan satu cangkir cuka, lalu tambahkan sepertiga cangkir soda kue. Gunakan larutan tersebut untuk menyemprot bagian kamar mandi yang sering muncul cacing. Bila perlu, Anda bisa menyemprotkan larutan ini ke seluruh permukaan kamar mandi, agar larva dan telur cacing bisa mati.

4. Gunakan campuran cuka apel, soda kue, dan garam

Larutkan cuka apel, soda kue, dan garam masing-masing satu cangkir ke dalam air. Gunakan larutan tersebut untuk menyiram permukaan lantai kamar mandi dan saluran pembuangan, lalu diamkan semalaman. Tak hanya mengusir cacing di kamar mandi, larutan ini juga mampu mebasmi larva cacing dan ngengat.

5. Bersihkan tandon air dan perbaiki kerusakan pada kamar mandi

Selain empat poin di atas, tak lengkap rasanya jika Anda tidak membersihkan tandon dan bak air pada kamar mandi. Jika jarang dibersihkan, keduanya bisa menjadi sarana berkembang biak cacing dan serangga lain penyebab penyakit.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan perbaikan pada bagian kamar mandi yang rusak. Seperti banyak lubang pada nat keramik, atau pada sudut-sudut dinding kamar mandi yang berlubang. Lubang-lubang seperti itu dapat digunakan cacing untuk keluar masuk kamar mandi dan dijadikan sebagai tempat berekembang biak.

Itulah 5 tips menghilangkan cacing di kamar mandi, semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments