Hot

6/recent/ticker-posts

4 Ciri-ciri Orang yang Gampang Tersinggung, Jangan Salah Ngomong!

tersinggung


Berinteraksi dengan teman, keluarga, atau orang lain yang mudah tersinggung memanglah hal yang merepotkan. Ketika kamu salah dalam bersikap atau berbicara, mereka pasti langsung tersinggung. Jika kamu sudah tahu kalau orang tersebut mudah tersinggung, mungkin kamu bisa lebih mengontrol diri sehingga bisa menghindari perkataan atau perbuatan yang sekiranya dapat menyinggung.

Namun, bagaimana caranya biar kamu tahu apakah seseorang mudah tersinggung? Jika kamu mau mencermati sikap dan kebiasaan mereka, kamu bisa mengetahui sifat orang tersebut. Kamu bisa tahu apakah dia mudah tersinggung atas tidak. Berikut adalah ciri-ciri seseorang yang mudah tersinggung.

1. Reaksi emosional yang cepat

Seseorang yang mudah tersinggung cenderung memiliki reaksi emosional yang cepat terhadap komentar atau tindakan orang lain. Mereka bisa dengan cepat merasa marah, sedih, atau tersinggung. Mereka menganggap sesuatu yang diucapkan atau dilakukan orang lain adalah kritik atau ejekan terhadap dirinya. Ini adalah ciri paling utama yang menunjukkan bahwa seseorang mudah tersinggung.

Hal tersebut terjadi karena seseorang yang mudah tersinggung sangat memperhatikan komentar dan pendapat orang lain terhadap dirinya. Mereka cenderung merasa diserang atau dihakimi oleh kata-kata orang lain, bahkan sekalipun orang tersebut tidak berniat seperti itu sedikitpun.

2. Kesulitan menerima kritik

Individu yang mudah tersinggung sering kali kesulitan menerima kritik, bahkan jika itu bersifat membangun. Mereka merasa bahwa kritik adalah serangan pribadi dan merasa tersinggung olehnya. Ini membuat mereka sulit untuk belajar dari pengalaman atau berkembang dalam hal-hal tertentu. Padahal, di dalam kehidupan, kita tidak bisa menghindari adanya kritik. Terutama di lingkungan kerja, kamu pasti akan mendapatkan kritik dan saran. Baik itu kritik dari atasan atau dari rekan kerja.

3. Gak mudah diajak bercanda

Jangankan mau menerima kritik dan saran orang yang mudah tersinggung bahkan gak suka dengan humor. Mereka adalah orang yang biasanya kesulitan dalam memahami humor atau lelucon. Mereka cenderung menganggap sebuah lelucon secara serius atau merasa bahwa lelucon adalah bentuk ejekan terhadap mereka. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam situasi yang seharusnya santai dan menyenangkan.

Oleh karena itu, kamu harus hati-hati jika sedang bercanda. Pahami dulu lawan bicaramu, apakah orang tersebut punya selera humor atau tidak. Jangan sampai lelucon yang kamu buat malah berujung konflik dengan orang lain.

4. Reaksi yang intens terhadap konflik

Orang yang mudah tersinggung cenderung merespon konflik dengan cukup intens. Mereka bisa dengan cepat memanas dan meluapkan emosi mereka dalam situasi konflik. Hal ini dapat memperburuk konflik dan membuatnya sulit untuk menyelesaikan konflik tersebut. Bahkan, orang-orang seperti ini cenderung sulit untuk memaafkan, sulit berdamai, dan suka menyimpan dendam.

Dengan mengetahui empat ciri-ciri di atas, kamu bisa mengidentifikasi sifat seseorang dengan lebih mudah. Dengan begitu, kamu bisa menempatkan diri bagaimana baiknya dalam berkata dan bersikap terhadap orang lain agar tidak menimbulkan konflik yang tidak perlu.

Post a Comment

0 Comments