Hot

6/recent/ticker-posts

3 Alasan Pentingnya Mendapatkan Pengakuan dari Orang Lain

 Validasi itu penting, biar kamu pede!

Berjabat tangan


Bagi beberapa orang, mungkin tidak begitu memperdulikan pandangan orang lain terhadap dirinya sendiri. Mereka gak butuh pengakuan dari orang lain, dan lebih fokus pada dirinya sendiri. Namun, pengakuan dan penghargaan dari orang lain adalah dua hal yang cukup penting dalam kehidupan sosial dan pribadi.

Nyatanya, terkadang kita perlu mendapatkan pengakuan dan pengahargaan dari orang lain. Biar kamu lebih paham, setidaknya tiga alasan di bawah ini bisa membuatmu sadar akan pentinganya hal tersebut. Yuk, baca artikel ini sampai tuntas!

1. Menjadi sumber motivasi dan membuatmu lebih percaya diri

Saat ada seseorang yang mengakui prestasimu, kamu akan memiliki kebanggaan pada dirimu sendiri. Kamu pun akan selalu terdorong untuk melakukan yang terbaik. Ini bisa menjadi sumber motivasi yang sangat kuat. Terlebih saat kamu berada dalam situasi sulit, kamu bisa mengingat kembali pengakuan dan penghargaan orang lain terhadapmu. Kamu pasti akan lebih semangat dalam berjuang.

Gak sekadar memberikan motivasi, pengakuan orang lain terhadap kualitas dirimu juga dapat meningkatkan rasa percaya dirimu. Ketika kamu merasa dihargai atas usaha dan prestasimu, kamu pasti lebih percaya diri dalam menghadapi tugas-tugas dan tantangan baru. Ini membantumu dalam mengatasi rasa ragu dan ketidakpastian.

2. Meningkatkan kesejahteraan mental 

Perlu diketahui bahwa pengakuan dan penghargaan orang lain dapat mempengaruhi kesehatan mental. Ketika ada orang lain yang mengakui kualitas dirimu, ini dapat membuatmu merasa bangga pada diri sendiri dan meningkatkan pikiran positif. Ini juga mengurangi tingkat stres dan meningkatkan perasaan positif tentang diri sendiri. 

Secara keseluruhan, ini berdampak positif pada kesejahteraan mental dan emosional kamu. Beberapa manfaat yang bisa diperoleh seperti merasa lebih bahagia, mendapatkan kepuasan hidup, dan meningkatkan optimisme. Sebab, pengakuan dan penghargaan dari orang lain dapat memberikan rasa dukungan dan rasa lebih dimengerti, sehingga dapat membantumu mengatasi masalah dan tantangan hidup.

3. Membangun citra diri yang positif dan membangun hubungan sosial yang lebih baik 

Manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dan komunikasi dengan sesamanya. Sementara, memberikan penghargaan dan pengakuan kepada orang lain adalah cara yang efektif untuk membangun hubungan yang lebih kuat. Artinya, ketika kamu diakui dan dihargai oleh orang lain, kamu akan merasa lebih dekat secara personal dengan mereka. Kamu juga cenderung merasa berterimakasih pada mereka yang telah memberikanmu dukungan dan pengakuan positif.

Tanpa kamu sadari, kamu juga mendapatkan keuntungan lain dari diakui dan dihargainya dirimu oleh orang lain. Keuntungan tersebut adalah terbentuknya citra diri yang positif di mata orang lain. Tentu ini adalah hal penting dalam banyak aspek kehidupan.

Kesimpulannya, saat ada orang lain lain yang mengakui dan menghargai kamu dalam hal positif, kamu seharusnya bersyukur. Ini membuktikan bahwa kamu dapat melakukan yang terbaik. Tapi ingat, jangan lantas sombong dengan pencapaian yang kamu peroleh. Tetaplah rendah hati dan selalu lakukan yang terbaik.

Post a Comment

0 Comments