Hot

6/recent/ticker-posts

5 Cara Membangun Rasa Percaya Diri saat Memulai Karir Baru

 


Bagi kamu para fresh graduate, mungkin hari pertama kerjamu akan dipenuhi dengan rasa cemas, takut, dan minder. Karena belum adanya pengalaman kerja yang nyata, jadi wajar kamu merasakan hal ini. Namun, jika kamu membiarkan perasaan tersebut bersarang di benakmu, kamu akan rugi sendiri.

Maka penting untuk membangun rasa percaya diri ketika baru memasuki dunia kerja atau memulai karir. Dengan demikian kamu bisa bekerja lebih fokus, tenang, dan produktif tanpa adanya tekanan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak terus!

1. Persiapkan diri sebaik mungkin

Ketika kamu baru memasuki dunia kerja, kamu perlu mengetahi dan memahami tentang perusaan tempatmu bekerja dan bidang yang kamu kerjakan. Pelajarilah lebih dalam tentang tugas dan tanggung jawab amu dalam perusahaan tersebut. Dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin, kamu telah memiliki dasara yang kuat untuk membangun rasa percaya diri.

Penting untuk merasa bahwa kamu gak tahu banyak hal. Pola pikir semacam ini akan membuatmu lebih terbuka dan lebih mudah dalam mempelajari banyak hal baru. Belajar dari pengalaman dan dari saran rekan kerja akan membantu kamu menumbuhkan rasa percaya diri seiirng waktu.

2. Jangan menutup diri, berinteraksilah dengan rekan kerja

Sebagai anak baru yang belum memiliki pengalaman, mungkin kamu merasa canggung atau takut untuk untuk berinteraksi dengan orang lain. Namun, kamu harus memkasa dirimu agar tak selalu diam. Jangan ragu untuk berinteraksi dengan rekan kerja atau atasan kamu. Semakin sering kamu berinteraksi, semakin besar pula rasa percaya diri kamu.

Kamu bisa memulai obrolan ringan dengan rekan kerja atau sekedar menyapa dan tersenyum. Akan lebih baik lagi jika kamu mau berpasrtisipasi dalam sebuah kegiatan atau diskusi.

3. Terima kritik dan saran dengan baik

Dalam dunia kerja, kamu gak bisa menghindari adanya kritik dan saran dari orang lain. Jika kamu bisa menyikapinya dengan positif, hal ini akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik. ketahuilah bahwa kritik dan saran merupakan bagian alami dari pertumbuhan dan perkembangan dalam berkarir.

Jadi, ketika ada rekan kerja yang mengkritikmu, jangan membuatmu sakit hati atau marah. Terimalah dengan bijak dan jadikan pembelajaran.

4. Pantau kemajuanmu dan tetapkan tujuan yang realistis

Selalu pantau setiap kemajuan yang kamu alami selama bekerja. Catat pencapaian-pencapaian yang sudah kamu dapatkan dari awal masuk kerja sampai saat ini. Hal semacam ini akan membantumu mengukur seberapa jauh kemajuanmu dan memperkuat rasa percaya diri.

Di sisi lain, sebaiknya kamu gak perlu memiliki tujuan yang terlalu muluk. Ketika masih awal menitih kairir, cobalah untuk mencapai tujuan yang sekiranya bisa kamu capai. 

5. Jagalah sopan santun dan jaga kesehatan

Dimanapun kamu berada, atitude yang baik sangatlah penting. Jadi selalu bersikaplah sopan dan santun terhadap orang lain. Selain itu, kamu juga harus menjaga kesehatan fisik dan menta. Hal ini akan mendukung tingakat energi dan rasa percaya diri kamu.

Pesimis, minder, cemas, khawatir, adalah perasaan yang umum dirasakan oleh setiap orang yang baru saja mulai memasuki dunia kerja. Namun, jangan sampai kamu terlaur dalam perasaan tersebut secara terus-menerus. Jadi, bagi kamu yang baru mulai kerja, ikuti lima tips di atas, ya!


Post a Comment

0 Comments