Hot

6/recent/ticker-posts

Jarang Akses Media Sosial? Ini 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan

 Bikin hidupmu lebih tenang

media sosial

Di era serba digital seperti sekarang ini, menggunakan media sosial sudah menjadi suatu hal yang umum. Justru ketika kamu jarang mengakses media sosial akan dianggap ketinggalan zaman. Padahal, jarang bermain media sosial memiliki beberapa manfaat, lho.

Mungkin kamu bertanya-tanya tentang hal ini. Biar gak penasaran, berikut adalah sederet manfaat ketika kamu jarang mengakses media sosial. Scrolling sampai bawah, guys!

1. Meningkatkan produktivitas

Salah satu nilai positif yang akan kamu dapatkan jika jarang menggunakan media sosial adalah dapat meningkatkan produktivitas. Dengan mengurangi gangguan yang disebabkan dari berbagai notifikasi, berita, atau konten yang gak ada habisnya, kamu bisa lebih fokus pada pekerjaan atau aktivitas produktif lainnya.

Hal tersebut memungkinkan kamu untuk bisa menyelesaikan sebuah tugas dengan lebih efisien. Kamu pun bisa lebih konsentrasi dalam bekerja.

2. Memiliki interaksi sosial yang jauh lebih baik

Jika kamu bukan pengguna aktif sosial media, kualitas interaksi sosial kamu di dunia nyata cenderung lebih baik dan lebih berarti daripada interaksi melalui media sosial. Dengan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk bersosialisasi secara online melalui sosial media, kamu akan melakukan interaksi sosial yang lebih bermakna dengan teman-teman, keluarga, dan rekan kerja di dunia nyata.

3. Kesehatan mental yang lebih baik

Seseorang yang terlalu sering menghabiskan waktu untuk bermain sosmed cenderung memiliki kondisi mental yang kurang sehat. Beberapa faktor penyebabnya adalah membandingkan diri, cemburu, merasa rendah diri, dan lainnya. Berbagi emosi tersebut akan membuat kamu merasa terbebani dan berujung stres.

Nah, dengan mengurangi interaksi di sosial media tersebut, kamu dapat meredakan stres dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan.

4. Memiliki waktu yang lebih berharga untuk memperbaiki diri

Sering kali, media sosial memaksa seseorang untuk selalu mengikuti aliran informasi tanpa memberi waktu untuk merenung dan memperbaiki diri sendiri. Alhasil, kamu hanya akan menjadi salah satu diantara banyak netizen yang suka berkomentar negatif dan menghakimi orang lain sesuka hati.

Dengan mengurangi aktivitas di media sosial, kamu akan memiliki lebih banyak waktu untuk introspeksi, merenungkan tujuan hidup, dan mengevaluasi arah yang ingin kamu ambil dalam hidup.

5. Lebih menghargai waktu

Jarang bermain media sosial memberikanmu lebih banyak waktu untuk mengeksplorasi minat dan hobi baru. Kamu bisa mengisi waktu dengan membaca buku, menulis, berolahraga, atau berinteraksi langsung dengan alam dan lingkungan sekitar. Ini akan memberikan kepuasan pribadi yang lebih besar daripada hanya berada di depan layar gadget.

Itulah 5 dampak positif jika kamu jarang mengakses media sosial, semoga menginspirasi.

Post a Comment

0 Comments